Aki merupakan salah satu komponen vital di mobil. Bila sampai rewel,
mesin mobil jadi susah hidup.Penyebabnya, sepele karena kurang perhatian
dan perawatan..
Jenis
yang dipasarkan ada, terutama untuk mobil, ada aki kering dan basah.
Kalau kering, tidak perlu ada penambahan air aki dan harga lebih mahal
dari jenis basah (mesti menambah air aki).
Kalau yang terakhir
ini membuat air aki cepat menguap dan bodi membengkak lantaran berada
di ruang panas. Kini, aki jenis basah sudah diberi lapisan peredam
panas, sehingga masalah semua itu hilang.
Apa pun teknologinya, aki tetap butuh perhatian dan perawatan. Seperti di bawah ini kah yang sudah Anda lakukan?
1.Kalau
ganti aki, sesuaikan ukuran ampere dengan standarnya. "Kalau mau
menaikkan satu ukuran aki dari standarnya," saran Hadi. Kecuali bila
mobil sudah dijejali peranti audio.
2. Sesuaikan tinggi aki
dengan standarnya. Tidak disarankan mengganti dengan bodi lebih tinggi,
sangat berbahaya. Bila menutup kap mesin, takut kutub akia (+) dan (-)
bisa menimbulkan percikan api.
3.Kalau membuka aki, dahulukan
kutub (-) lalu (+). Sebaliknya, saat memasang, dahulukan kutub (+) baru
(-). Tujuannya, kata Hadi agar tidak terjadi korsleting.
4.
Lakukan pengecekan aki agar selalu berada di antara upper dan lower
level. Jika berada di bawah upper bisa menyebabkan cepat soak dan sel
menjadi rusak bila sampai kering sekali. Pengisian dilakukan saat msin
masih dingin (pagi hari).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar